Minggu, 10 Juli 2022

CINTA EROTIS

Cinta Erotis merupakan hasrat untuk bersatu sepenuhnya, bersatu dengan dia seorang (pria dan wanita). Cinta ini pada dasarnya khusus (eksklusif) dan tidak umum (universal), juga mungkin bentuk cinta paling memperdaya yang pernah ada.

Pertama-tama, cinta erotis sering rancu dengan perasaan "jatuh " Cinta yang meledak-ledak, runtuhnya secara tiba-tiba semua tembok yang sebelumnya berdiri diantara dua orang asing. Namun, keintiman mendadak ini sebenarnya cuma bertahan sebentar.

 Setelah kedua orang asing itu menjadi dekat, tidak ada lagi penghalang untuk ditaklukkan, tidak ada lagi keintiman tiba-tiba untuk diraih. Orang yang "dicintai " Jadi dikenal baik seperti mengenal diri sendiri. Atau lebih tepatnya, agak dikenal. Andai ada kedalaman lebih saat merasakan orang lain itu, andai dia bisa merasakan ke tidak terbatasan kepribadian pasangannya, maka orang lain itu tidak akan menjadi terkenal (familiar) sehingga keajaiban menaklukan penghalang pun akan terjadi setiap hari.

Bagi mereka keintiman dibangun terutama melalui hubungan seksual. Karena bagi mereka keterpisahan dengan orang lain bermakna keterpisahan fisik, sehingga penyatuan fisik dianggap akan mengatasi keterpisahan itu. Yang tampak intim hanya saat mereka ditempat tidur atau saat mereka saling mengekspresikan kebencian dan kemarahan. Namun, semua bentuk kedekatan ini cenderung melemah terus dan terus seiring waktu berlalu. Akibatnya dia pun mencari cinta pada orang baru, pada orang asing baru. Sekali lagi orang asing baru itu dijelaskan jadi orang "dekat ", sekali lagi pengalaman jatuh cinta itu menggembirakan dan kuat (intens), dan sekali lagi perlahan-lahan melemah dan melemah, dan berakhir dalam keinginan mencari penaklukan baru, cinta baru selalu dengan ilusi bahwa cinta yang baru akan berbeda dari yang sebelumnya. Sifat hasrat seksual yang memperdaya berperan besar menyumbang ilusi ini.

Tujuan hasrat seksual adalah penyatuan dan bukan sekedar gairah fisik, perbedaan ketegangan yang menyakitkan. Namun, hasrat seksual pun bisa dirangsang oleh rasa cemas akan kesendirian, oleh keinginan untuk menaklukkan atau ditaklukkan, oleh keangkuhan, oleh keinginan untuk menyakiti dan bahkan merusak, sebesar rangsangan cinta. Tampaknya hasrat seksual bisa dengan mudah bercampur dan dirangsang oleh emosi kuat, cinta cuma salah satunya. Hasrat seksual berada di dalam pikiran sebagian besar orang, bercampur dengan gagasan tentang cinta, karenanya mereka terkecoh, mengirah bahwa saat menginginkan satu sama lain secara fisik berarti mereka saling mencintai.

 Cinta dapat membangkitkan keinginan untuk penyatuan seksual, bila demikian maka hubungan fisik itu tidaklah tamak, tidaklah ingin menaklukkan atau ditaklukkan, melainkan berbaur kelembutan. Jika hasrat penyatuan tidak dirangsang oleh cinta, jika cinta erotis itu tidak sekaligus sebuah cinta persaudaraan, maka hasrat penyatuan itu tidak akan membawa pada penyatuan lebih dari rasa orgiastik yang sementara. Untuk sesaat, ketertarikan seksual menciptakan ilusi bersatu, tapi tanpa cinta "penyatuan" Ini hanya membuat kedua orang asing itu sejauh sebelumnya kadang membuat mereka malu satu sama lain, dan bahkan membuat mereka saling membenci, karena saat ilusi itu telah hilang mereka merasa terasing bahkan lebih dari sebelumnya.

Kasih sayang sama sekali bukan, seperti yang diyakini Freud, sebuah usaha pengalihan hasrat yang bersifat primitif ke tingkahlaku yang diterima oleh norma masyarakat (sublimasi) dari pola tingkalahku yang bersifat turun temurun sejak lahir (insting) seksual, kasih sayang terlahir dari cinta persaudaraan, dan hadir dalam bentuk cinta fisik maupun non-fisik. Kita sering menemukan dua orang saling "jatuh cinta " Dan tidak mencintai siapapun yang lain. Cinta mereka, sesungguhnya, adalah egotisme. Mereka adalah dua orang yang mengidentifikasi dirinya pada pasangannya, dan mengatasi persoalan terasing dengan meluaskan individu satu menjadi dua.

 Mereka memang telah mengatasi kesendirian, tapi, karena terpisah dari seluruh umat manusia, mereka tetap terpisah dari satu sama lain dan terasing dari diri sendiri, mereka mengalami penyatuan sebagai ilusi. Cinta erotis bersifat ekslusif, tapi artinya mencintai dalam diri orang lain itu seluruh umat manusia, semua yang hidup. Cinta erotis khusus (eksklusif) hanya dalam arti saya bisa menyatukan diriku sepenuhnya dan sekuatnya dengan hanya satu orang. Cinta erotis meniadakan cinta untuk yang lain hanya dalam arti penyatuan erotis, berkomitmen penuh dalam seluruh aspek kehidupan tapi tidak dalam arti meniadakan cinta persaudaraan yang dalam dengan orang lain.

Cinta erotis, jika itu memang cinta, punya satu premis. Bahwa saya mencintai dari inti keberadaan saya dan merasakan orang lain dalam inti keberadaannya. Pada intinya, semua manusia sama. Kita sebagai bagian dari yang satu, kita adalah satu. Karena inilah, siapa yang kita cintai tak ada bedanya. Cinta seharusnya adalah kerelaan, keputusan untuk memercayakan hidup saya sepenuhnya pada satu orang itu. Inilah sesungguhnya alasan dibalik gagasan tentang pernikahan yang sulit dijelaskan. Gagasan ini menjadi landasan pernikahan tradisional yang mana kedua pasangan tidak pernah memilih satu sama lain, tetapi dipilihkan untuk satu sama lain dan diharapkan mencintai satu sama lain. Dalam kebudayaan Barat modern, gagasan ini sudah usang, kuno sama sekali. Cinta diharapkan timbul dari reaksi emosional, spontan, dari perasaan tidak tertahankan yang mendadak menguasai. Dalam pandangan ini, dia hanya melihat kekhasan dua individu yang terlibat cinta dan bukan kenyataan bahwa semua manusia laki-laki bagian dari Adam, dan semua perempuan bagian dari Hawa. Dia menyangkal faktor penting cinta erotis, yaitu Kerelaan. Mencintai seseorang bukan sekedar suatu perasaan yang kuat tapi keputusan, pertimbangan, janji. Jika cinta cuma perasaan, tidak akan ada landasan bagi janji mencintai satu sama lain selamanya. Perasaan datang dan bisa pergi. Bagaimana saya menilai itu akan bertahan selamanya, jika tindakan saya tidak menyertakan pertimbangan dan keputusan? 

Mengingat dua pandangan diatas, kita mungkin sampai pada posisi bahwa cinta adalah semata-mata kerelaan dan komitmen, jadi tidak penting siapa kedua orang itu. Apakah pernikahan diatur oleh pihak lain, atau pilihan pribadi, begitu pernikahan diputuskan, kerelaan tadi harusnya menjamin cinta berlanjut. Pandangan ini tampak mengabaikan ciri paradoks dari sifat manusia dan cinta erotis. 

Cinta erotis menghendaki elemen-elemen tertentu yang sangat individual dan spesifik, yang terdapat diantara beberapa orang, bukan diantara semua orang. 

Jadi kedua pandangan tersebut benar, yaitu bahwa cinta erotis adalah ketertarikan individual sepenuhnya, khusus antara dua orang tertentu. Juga bahwa cinta erotis tidak lain adalah kerelaan. 

Lebih tepat cinta erotis adalah kebenaran bukan yang ini atau itu. 
Maka anggapan bahwa bila cinta erotis tidak berhasil, hubungan bisa dengan mudah pudar, atau anggapan bahwa hubungan pasti tidak akan pernah pudar sama sekali, Sama-sama keliru. 


Rene Decrates, Izinkan Saya Obock I Silakan Menjadi Pelacur! DiLadangMu. 

Lawan Anggapan

Sering mendengar pandangan seksis sekitar orang-orang sekampung, anggapan mereka dengan ungkapan bahwa setinggi-tingginya perempuan sekolah, tetap saja berkubang di dapur.

Pandangan ini menurut kami sikap superioritas (egois) laki-laki terhadap perempuan, membuat masa depan nasib dan karir kaum perempuan dalam dunia pendidikan, organisasi, dan kehidupan bermasyarakat sangat dipengaruhi. Mereka gelisah, rendah diri, merasa minder, merasa masa depan yang belum pasti. Kaum laki-laki memandang perempuan sebagai pangsa yang lemah, mereka merasa hanya laki-laki lebih superior atas dirinya dari pada mengabaikan perempuan. 

Pandangan itu dipengaruhi dengan perspektif "Laki-laki cocok menjadi pemimpin karena bisa berpikir logis dan rasional. Sementara itu, perempuan tidak cocok menjadi pemimpin karena mendahulukan emosi daripada logika."

Terlepas dari masalah dalam dunia pendidikan dan kehidupan dalam bermasyarakat, kami melihat pandangan itu berpengaruh juga pada kepemimpinan laki-laki dalam masalah di dunia bidang organisasi tertentu. Didalam tulisan ini tidak ada terselip dengan maksud tertentu dalam perkembangan salah satu organisasi akan tetapi sebatas pandangan untuk umum dalam perkembangan organisasi saat ini.

ketika perempuan bergabung dalam organisasi tertentu tidak lain yang hanya ingin belajar. Hanya keegoisan kaum laki-laki mematahkan semangat atas hak-hak kaum perempuan. Tetapi juga laki-laki sebagai panitia penerimaan anggota baru atau senior dalam organisasi tertentu memandang mereka dengan pandangan seksis dan menganggap akan dijadikan sebagai pacar dalam organisasi, sesudah pacar membatasi pacarnya untuk terlibat berorganisasi, dengan alasan orang dalam organisasi melirik. Sehingga perempuan tidak percaya diri, merasa minder, muncul perasaan bimbang, merasa pangsa yang lemah, dan tidak berdaya, maka hilanglah keingintahuan tentang pengetahuan baru, semangat, belajar, berkarir, berorganisasi, dlsb. 

Di lain sisi organisasi tertentu bisa mengalami kevakuman dalam kepemimpinan akibat pandangan seksis itu, diantara sesama laki-laki bisa saling tidak baku suka dengan perasaan melirik orang lain itu, hanya karena memandang perempuan baru bergabung ingin belajar organisasi tertentu tadi dari perspektif perebutan perasaan soal rasa baku suka membuat kehancuran organisasi tertentu. Contoh kasus tidak disertakan dalam tulisan ini sebagai bentuk penghormatan manusia layaknya dan bagian dari pada masalah privasi seseorang itu sendiri.

Untuk melawan pandangan yang menindas kaum perempuan itu sekaligus memberikan saran bahwa! 

Diperjelas juga posisi kami sebenarnya bukan penggiat feminis, seksis, kesetaraan jenis-kelamin, atau bukan karena seorang yang bebas dari anti patriarki, pacaran dan kawin dalam kehidupan sehari-hari. Melainkan merasa terbeban atas anggapan seksis orang-orang sekampung kami, itu sebagai bentuk bertanggungjawaban moral sebagai sesama manusia tanpa memandang jenis-kelamin bahwa :

Kami hanya bermimpi, akan ada perempuan-perempuan yang telah terdidik, berwawasan luas secara global, pemikiran maju, berpikir kritis, yang telah menguasai inovasi dan teknologi tinggi, mereka suatu saat perempuan handal itu akan bangkit di segala bidang dari tengah-tengah pengalaman ketertindasan realitas kehidupan mereka. Pengalaman mereka itu akan menjadi pengetahuan. Dan mereka akan melawan balik para penindas itu, Dengan perlengkapan senjata dan peluru mereka. 

Senjata : Fiksi dan Non-Fiksi, Buku, jurnal, novel, cerpen, majalah, koran, dlsb. 
Peluru : patriarki, seksisme, feminisme, kesetaraan gender, dlsb. 

Tulisan Tidak Sempurna Ini. 
Semoga Menjadi Berkat! 
"Bagi Mereka Yang Haus Akan Pengetahuan Dan Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi".

Rabu, 29 Desember 2021

Kematian Itu Seleksi Alam Atau Takdir Tuhan

Topik ini selalu menjadi keraguan sekaligus menantang saya, kata kematian dari kata dasar mati, arti ini sendiri adalah sudah hilang nyawa, tidak hidup jiwa lagi, atau yang tidak pernah rohnya hidup. Tapi disini saya mencoba bertanya ketidaktahuan tentang kematian seleksi Alam atau Takdir Tuhan itu, selama perjalanan hidup ini, menghadapi kematian orang-orang terkasih kita, hal yang sama kita juga mengalami kematian dari berbagai faktor, bentuk, sifat dan motif. Sebut saja seperti, lanjut usia, sakit, kecelakaan, bunuh diri, pembunuhan, dlsb. Dibawah ini 5 analogi dari pada "kematian" itu. 1. Seperti Lanjut Usia Lanjut Usia adalah seseorang dikatakan lanjut usia, usianya 65 tahun ke atas. Lanjut Usia bukan suatu penyakit, namun merupakan tahap lanjut dari suatu proses kehidupan yang ditandai dengan penurunan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan kehidupan lingkungan. 2. Seperti Sakit Sakit adalah berasa tidak nyaman di tubuh atau bagian tubuh karena menderita sesuatu sakit misalnya demam, sakit perut, dan sebagainya. 3. Seperti Kecelakaan Kecelakaan adalah Suatu peristiwa yang jarang dan tidak tentu kapan terjadi dan bersifat banyak (multi) faktor yang selalu didahului oleh situasi dimana seorang atau lebih pemakai jalan telah gagal mengatasi lingkungan mereka. 4. Seperti Bunuh Diri Bunuh Diri adalah Sebuah tindakan sengaja yang menyebabkan kematian diri sendiri. 5. Seperti Pembunuhan Pembunuhan adalah suatu tindakan untuk menghilangkan seseorang dengan cara yang melanggar hukum, maupun yang tidak melawan hukum. Orang akan berdebat sampai Ayam tumbuh gigi sekalipun tidak akan dapat solusi yang rasional tentang seleksi Alam dan Takdir Tuhan. Hanya sudut pandang Ilmu Alam dan sudut pandang Ilmu filsafat Teologia saja yang paling Tahu, tentang pengalaman hukum Alam dan keyakinan hukum Tuhan. Akan tetapi menurut hemat penulis dua sudut pandang itu bukan kebenaran mutlak satu sisi sudut pandang kebenaran ilmiah dan yang satu sisi sudut pandang kebenaran keyakinan masing- masing Iman kepercayaan. Memang benar semua orang di dunia ini mengalami kematian, baik itu detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun. Pada saat situasi apa saja tentu tak luput dari kematian itu. Kematian mereka itu menyebabkan perasaan duka cita yang paling dalam seumur hidup orang. Lalu kepergian mereka tinggalkan luka hati yang paling dalam, yang tidak ada obatnya yang bisa terobati luka itu. Sekalian mereka bawah pergi kasih sayang, persahabatan, motivasi, pemikiran dan pandangan mereka berikan di saat-saat sulit itu. Tanya mereka kirahnya apakah itu seleksi Alam atau Takdir Tuhan? Mungkinkah leluhur yang Tahu? Leluhur bukan Tuhan yang maha tahu dan alam semesta yang dapat dipahami dengan dunia batin. Kemudian penyebab faktor, motif, bentuk dan niat itu membuat mengalami kematian, tapi orang akan selalu katakan itu rencana Tuhan. sekalipun itu faktanya penyebab peristiwa itu campur tangan Alam, Manusia, Hewan dan di lingkungan sekitarnya. Tapi kematian itu tidak bisa dipastikan oleh orang siapapun kecuali sedang rawat inap di RSUD, kematian adalah soal rana jiwa, batiniah, tidak ada orang yang dapat mengetahui kapan akan mengalami kematian itu, kecuali berhubungan dengan faktor dimensi indarawi, fisik yang nyata. Jalanan Batin Terpenjara, 24 Desember 2021. #KAKI_ABU

Jumat, 17 Juli 2020

Sistem Organisasi Sosial; Suku Bangsa Yali

Karya Obock I Silak

* Suku bangsa Yali memiliki Tata organisasi berkampungan yang menetap; permanen dan tidak berpindah-pindah. Mengelola lahan-lahan yang dimiliki secara komunal dan yang dikelola secara individu. Semua kegiatan masyarakat direncanakan secara terpusat pada rumah laki-laki (Yowi). Semua kegiatan direncanakan bersama dan mengambil keputusan kolektif (bersama); di rumah (Yowi) yang diterima dan di setujui semua laki-laki pada "O Pumpuk" organisasi kampung terdekat.

* Yowi disini Pusat untuk membicarakan masa depan suku bangsa Yali;  cara hidup tatanan ekonomi tradisional, cara hidup tatanan sosial dan politik, tatanan hidup yang dapat dilestarikan lingkungan hidup maupun tatanan hidup hukum atau norma-norma larangan, tatanan hidup batas kehidupan Yowi, tatanan hidup menyuburkan tanah, tatanan hidup memelihara hewan, tatanan hidup membangun rumah, tatanan hidup cara membuka dan membuat kebun serta tatanan hidup panen hasil kebun Dan segala macam bentuk tatanan hidup mendatangkan kebaikan maupun tatanan hidup mendatangkan musibah yang mengacam kelangsungan suku bangsa Yali; Semuanya dibicarakan dalam honai Yowi sebagai organisasi induk suku bangsa Yali;  Yowi menjadi tempat membicarakan masa depan suku bangsa Yali.

Organisasi Kampung Suku Bangsa Yali

* Organisasi kampung orang Yali dikenal dan didirikan dengan secara lisan tidak langsung atau tidak tertulis tidak seperti organisasi modern secara tertulis sekarang yang kita lihat dunia modern ini; akan tatapi organisasi kampung suku bangsa Yali terbentuk secara alamiah atas dasar Klan dan marga masyarakat berkampungan suku bangsa Yali. Organisasi kampung suku bangsa Yali disebut "O Pumpuk" pada suatu organisasi kampung suku bangsa Yali didirikan atas suatu Klan atau Marga. Orang pertema yang mendirikan kampung atau berkampungan suku bangsa Yali tersebut selain rumah perempuan dan rumah biasa selain itu juga didirikan sebuah rumah laki-laki yang disebut oleh orang Yali rumah Yowi.

Yowi Sebagai Organisasi kampung Suku Bangsa Yali "O Pumpuk"

* Suatu berkampungan suku bangsa Yali terdapat  satu atau lebih satu rumah laki-laki yang disebut "rumah Yowi". Satu organisasi kampung suku bangsa Yali di sebut "O Pumpuk" yang didirikan secara teratur.  Suatu organisasi kampung suku bangsa Yali terdapat empat (4) sampai lima (5) rumah laki-laki (Yowi).

* O Pumpuk; berkampungan didalamnya terdapat beberapa honai (Yowi); untuk membicarakan masa depan stabilitas kehidupan suku bangsa Yali.

Kamis, 16 Juli 2020

Berdiri Sama Tinggi Dan Duduk Sama Besar


Inilah yang disebut HARGA DIRI DAN MARTABAT MANUSIA diantara bangsa-bangsa.

hal itu hanya ditentukan apabila suatu bangsa harus merdeka dan berdaulatan serta berpemerintahan sendiri. jika suatu bangsa yang tidak merdeka dan berdaulat penuh, maka bangsa lain berdiri berbicara atas nama bangsa itu, merendahkan wibawah, hargat dan martabat bangsa lain.

Pemerintah negara Indonesia mewakili orang Papua melakukan praktek-praktek selama 56 tahun ini mewakili bangsa Papua. Bangsa Papua adalah bagian dari Indonesia, orang belum mandiri, belum mampu, yang melabelkan sepatis, GPK, kkb, bodoh, sejenis kata lainya. istilah lain yang digunakan saat ini adalah kesejahteraan, pembangunan infrastruktur seterusnya. Pemerintahan Negara Indonesia hadir sebagai Tuhan yang menentukan arah nasib hidup bangsa Papua.

Pemerintah Indonesia telah merendahkan hargat dan martabat bangsa Papua selama 56 Tahun berkuasa di Tanah Papua Barat. Pemerintah NKRI masuk ke Tanah Papua dan menguasai Pemerintahan Papua Barat secara paksa. dan memaksa orang asli Papua menerima dan mengakui keberadaan NKRI di Tanah Papua sejak 1963 sampai hari ini Januari 2018.

Kenyataan perlakuan Indonesia terhadap orang asli Papua, perlakuan kekerasan fisik dan mental, pembantaian dan pembunuhan terhadap orang asli Papua atas nama negara Indonesia. perlakuan-perlakuan tersebut oleh pihak pemerintah Indonesia menganggap sebagai hal biasa dan menjadi budaya.

Baru saja tanggal 03 Januari 2018 TNI AU tangkap Filep Karma salah seorang pemimpin bangsa Papua, dikertak sampai menyebut monyet. apakah seorang Filep Karma pemimpin bangsa Papua disebut sebagai monyet. monyet tidak ada di Tanah Papua yang ada hanya dearah lain di Indonesia seperti di Jawa itu daerah monyet. saudara Natalius KOMNAS RI telah sampaikan tanggal 12/9,2017 bahwa ia juga menghadapi diskriminasi rasial, kata-kata negatif dan penghinaan melabelkan kepadanya.
Orang asli Papua menemukan identitas diri/ jati diri bangsa yang sedang dihilangkan oleh kekuasaan Indonesia.

Orang asli Papua Barat mengetahui secara pasti, benar dan memastikan bahwa orang Papua sedang berdiri atas dasar hak leluhur seluruh wilayah Tanah Papua Barat untuk selamanya dan seterusnya. untuk selamanya berdiri sama tinggi dan duduk sama besar diantara bangsa-bangsa di dunia termasuk bangsa Indonesia. Atas dasar tersebut perjuangan bangsa Papua tak henti-hentinya diperjuangkan.
Orang asli Papua telah menerima dan mengakui keberadaan Organisasi Papua Merdeka yang telah univication oleh 3 (tiga) organisasi yaitu Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB), Parlement Nasional Papua (PNP), Nasional Liberty Coalition Papua Barat (NLCPB) yang telah terunivikasi dalam United Liberaton Movement for West Papua (ULMWP) pada tahun 2014. dan selanjutnya dianggap sebagai memenuhi persyaratan perdaftaran menjadi keanggotaan MSG's Submited di Honiara, Solomon akhirnya diterima sebagai anggota penjauh "obsevers members" tahun 2015.

Organisasi Papua Merdeka yang baru yang dsebut ULMWP lahir dari suatu proses perjuangan yang panjang selama 50 tahun lebih untuk mendapat pengakuan dari negara lain yang lebih dulu merdeka. pengakuan bukan datang dari Belanda yang lebih dulu insiatif mempersiapkan Papua Merdeka, atau negara lain membawa misi pekabaran di Tanah Papua. tetapi pengakuan ini datang dari negara-negara Melanesia. orang yang berasal dari ras Melanesia yang merupakan keluarga besar orang Melanesia. yang mana Papua Barat adalah sebagai bagian dari keluarga Ras Melanesia yakni ; Papua Neuw Guinea, Fiji Islands, Solomon Islands, Vanuatu dan New Calendonia, Gereja, NGO's dan seluruh masyarakatnya. selanjutnya Papua menjadi agenda dalam Pacific Islands Forum yang membentuk "Pacific Coalician Forum for West Papua. semua dapat terjadi karena kerja keras oleh ULMWP pada perode yang lalu 2015-2017.

Organisasi Papua Merdeka yakni United Liberation Movement for West Papua akan bekerja untuk mewakili bangsa Papua. tentu saja akan mewakili bangsa Papua menghadiri pertemuan-pertemuan resmi diselenggarakan SMG, PIF maupun tidak menutup kemungkinan pertemuan resmi internasional lainnya. bagaimana berdiri sama tinggi dan duduk sama besar di hadapan antar pemimpin bangsa Papua dan bangsa Indonesia. apakah selalu dipandang bangsa West Papua sebagai separatis. dimana harga diri bangsa dan negara Indonesia. dalam sejarah Belanda mencap pemimpin dan para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia juga disebut kelompok extrimis.

Sekarang memandang bangsa Belanda bagaimana atau Belanda memandang bangsa Indonesia. untuk memperjuangkan hak kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Papua melaui Hak penentuan nasib sendiri bagi bangsa melalui mekanisme internasional. kami bangsa Papua terus mendukung akan mendukung United Liberation Movement for West Papua. perjuangan hak penentuan nasib sendiri sebagai bangsa, berpemerintahan sendiri, negara berdaulat bagi bangsa sama sekali tidak mengganggu kedaulatan Indonesia. tidak merusak dan tidak mengurangi sejarah kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. wilayah Negara Indonesia tetap terpeliharah dan masih tetap utuh dari sambang sampai Ambonia. perjuangan orang Papua demi menegakkan hargat dan martabat bangsa Papua sebagai suatu bangsa.

Perjuangan yang sedang berlangsung demi mempertahan ras Melanesia di Papua Barat, mempertahankan tanah hak-hak ulayat suku-suku dan hutan milik ras Melanesia di Papua, melindungi dan mengembangkan budaya Melanesia di Papua. Mengapa rakyat bangsa Papua barat mendukung ULMWP dan seluruh elemen perjuangkan hak penentuan nasib sendiri baik di luar negeri maupun di dalam negeri.
Perjuangan yang dilakukan bangsa Papua untuk mencatat sejarah semua label dan pandangan negatif bangsa terhadap bangsa sebagai peringatan untuk anak cucu bangsa Papua. Agar suatu saat bangsa Papua dan bangsa Indonesia berdiri sama tinggi dan duduk sama besar di hadapan bangsa-bangsa.

Oleh Candidat Dr; Ismael R Silak SH, MA

selamat tahun baru 2018

Tentang Dekolonisasi Memberi Melanesia Sebuah Filosofi Yang Masih Sangat Relevan Hingga Saat Ini


 

Kamis, 21 Mei 2020

Selamat Memperingati HUT PI GKI di Yalimu Angguruk Ke 59 Tahun Sejak 19/05/1961-19/05/2020


Nama Angguruk berasal dari sebutan sebuah jenis rumput tumbuhan alang alang yaitu angguruk nahun atau ahun.
Sebenarnya nama tersebut adalah nama rumput yang sampai kini masih terlihat di sekitar lembah dan daerah itu disertai dengan airnya nan elok (Ik Angguruk Sene) di Angguruk sana sebuah pos yang di bangun oleh para Missionaris.

Pada tahun 1960-an tepatnya 19 Mei 1961 Pendeta Siefried Zoellner, dan Dokter Vriend,memasuki lembah itu dan menetapkan pos missi tersebut dengan nama Angguruk.
Mereka adalah Missionaris dari kebangsaan Jerman dan Belanda, utusan Gereja Kristen Injili di Irian Barat, atau kini kita kenal dengan GKI di Tanah Papua.

Angguruk terletak di atas 1400 di atas permukaan laut dan di kelilingi oleh gunung gunung di atas 2000 meter. Bersuhu kisaran antara 24 dan 30 derajat celsius dan rendahnya berkisar 12 sampai 15 derajat celsius. Juga memiliki Alam yang luas, Hutan yang besar dan sungai yang indah serta lembah demi lembah yang unik yang menghiasi daerah  itu.

Orang di lembah itu memiliki budaya yang unik dan tarian khas dansa (Yungggul) mereka yang unik pula selalu di sukai oleh suku tetangga mereka dan orang timur (Yali) lainnya bahkan memiliki keunikan lain seperti tradisi bercocok tanam, berburu dan tradisi warisan nenek moyang lainnya yang ikut menyumbangkan kelebihan orang timur (Yali) bagian barat daya tersebut.

Orang timur (Yali) pada umumnya berambut kerinting, hitam kulit,dan Ras mereka adalah Negroid atau Ras Melanesia yang hampiir mirip dengan orang bagian Barat lembah Baliem dan dibagian pasifik seperti Solomon Island, Papua New Guinea, Vanuatu, New Kaledonia, Fiji ataupun New Guinea Pisau di Afrika sana.

Wilayah timur (Yali) itu sangat menyentuh hati pendeta Siefried zollner dan Dokter Vriend sehingga membuka Pos Misi, membuat lapangan terbang dan melakukan pengajaran Firman Allah yang hakiki bagi orang timur (Yali).
Hati para penyiar injil itu ikut menanamkan beni injil yang luar biasa. Dan membuat orang timur (Yali) itu setara dengan sesama manusia yang lain.

Wilayah timur (Yali) tersebut sebenarnya ada banyak kampung seperti Pasikni, Tinggili, Waniok, Mohimu, Sangkalpunu, Kibianggen, Nisikni, Pinia, Wali,  Tanggeam, Panggema, Pronggoli, Biliam, Sali, Panal, Pintok, Hilariki, Mimbaham, Poholangken, Kosarek dan masih banyak kampung lainnya.

Lembah timur (Yali) itu  sulit di jangkau oleh para tim Expedisi namun tuntunan Tuhan, maka para missionaris itu membuka pos dan melakukan peradaban baru.

Jayapura 19/05/2020
Selamat Memperingati
Hormat Saya !
Untukmu Semua Para Penyiar Injil Yang Mendahului Kita !
Obock I Silak

Teknik Pembuatan Api Tradisional

Pada 1960-an-1980-an masyarakat perkampungan lembah Yahulikma, Ubahakikma dan Sosomikma tidak memiliki akses korek api, dan masih menggunaka...