Jumat, 17 Juli 2020

Sistem Organisasi Sosial; Suku Bangsa Yali

Karya Obock I Silak

* Suku bangsa Yali memiliki Tata organisasi berkampungan yang menetap; permanen dan tidak berpindah-pindah. Mengelola lahan-lahan yang dimiliki secara komunal dan yang dikelola secara individu. Semua kegiatan masyarakat direncanakan secara terpusat pada rumah laki-laki (Yowi). Semua kegiatan direncanakan bersama dan mengambil keputusan kolektif (bersama); di rumah (Yowi) yang diterima dan di setujui semua laki-laki pada "O Pumpuk" organisasi kampung terdekat.

* Yowi disini Pusat untuk membicarakan masa depan suku bangsa Yali;  cara hidup tatanan ekonomi tradisional, cara hidup tatanan sosial dan politik, tatanan hidup yang dapat dilestarikan lingkungan hidup maupun tatanan hidup hukum atau norma-norma larangan, tatanan hidup batas kehidupan Yowi, tatanan hidup menyuburkan tanah, tatanan hidup memelihara hewan, tatanan hidup membangun rumah, tatanan hidup cara membuka dan membuat kebun serta tatanan hidup panen hasil kebun Dan segala macam bentuk tatanan hidup mendatangkan kebaikan maupun tatanan hidup mendatangkan musibah yang mengacam kelangsungan suku bangsa Yali; Semuanya dibicarakan dalam honai Yowi sebagai organisasi induk suku bangsa Yali;  Yowi menjadi tempat membicarakan masa depan suku bangsa Yali.

Organisasi Kampung Suku Bangsa Yali

* Organisasi kampung orang Yali dikenal dan didirikan dengan secara lisan tidak langsung atau tidak tertulis tidak seperti organisasi modern secara tertulis sekarang yang kita lihat dunia modern ini; akan tatapi organisasi kampung suku bangsa Yali terbentuk secara alamiah atas dasar Klan dan marga masyarakat berkampungan suku bangsa Yali. Organisasi kampung suku bangsa Yali disebut "O Pumpuk" pada suatu organisasi kampung suku bangsa Yali didirikan atas suatu Klan atau Marga. Orang pertema yang mendirikan kampung atau berkampungan suku bangsa Yali tersebut selain rumah perempuan dan rumah biasa selain itu juga didirikan sebuah rumah laki-laki yang disebut oleh orang Yali rumah Yowi.

Yowi Sebagai Organisasi kampung Suku Bangsa Yali "O Pumpuk"

* Suatu berkampungan suku bangsa Yali terdapat  satu atau lebih satu rumah laki-laki yang disebut "rumah Yowi". Satu organisasi kampung suku bangsa Yali di sebut "O Pumpuk" yang didirikan secara teratur.  Suatu organisasi kampung suku bangsa Yali terdapat empat (4) sampai lima (5) rumah laki-laki (Yowi).

* O Pumpuk; berkampungan didalamnya terdapat beberapa honai (Yowi); untuk membicarakan masa depan stabilitas kehidupan suku bangsa Yali.

Tidak ada komentar:

Teknik Pembuatan Api Tradisional

Pada 1960-an-1980-an masyarakat perkampungan lembah Yahulikma, Ubahakikma dan Sosomikma tidak memiliki akses korek api, dan masih menggunaka...