Senin, 04 Mei 2020

INJIL SEBAGAI OM (NAMI)

Dalam Situasi Pandemi Covid-19 Selamat HUT PI Ke 60 Di Waniok Sejak 01 Mei 1961-01 Mei 2020
=====================================

Foto Ilustrasi Kampung Waniok 


 Refleksi Dalam rangka hari Injil di Waniok ke 60 sejak 01 Mei 1961-01 Mei 2020.

Saya mengambil topik sumber utama "Om (Nami)"

Apa itu Om (Nami?

Om adalah kakak atau adik laki-laki ayah atau ibu. Lalu Arti lainnya dari om adalah kata sapaan kepada seorang laki-laki yang agak tua.

Nami adalah isinga owe ano, ot ap umalik, isinga ot ap umalik ano isinga unggul unukon.

Jadi Orang-orang kampung Waniok, sama halnya juga Orang-orang sekitar kampung mereka, sangat menghargai dan menghormati Om (Nami) diatas segala-galanya.

Pada waktu itu pagi-pagi 01 Mei 1961 Pendeta Zollner dan Dokter Vriend tiba di Waniok Piyinggig Silimu, dan setibanya orang Waniok menerima mereka dengan sapaan salam Nami..Nami.. Nami (Om..Om.. Om) .

Dan Orang Kampung Waniok tanpa tidak sadar Menghargai dan Menghormati Injil sebagai diatas segala-galanya menurut keyakinan kebiasaan secara umum Orang Timur (Yalimu). Mereka Orang menerima dengan kata yang sangat hormat menurut mereka kata tinggi Om (Nami).

Tidak sampai disitu mereka menerima dan menjadi penginjil-penginjil utusan Allah dan Jemaat di seluruh lembah, naik gunung, turun lembah, melewati sungai seperti Yahuli, Ubahak, Sibi, Ponteng, Mugi, Habiye dan lain-lain dan mereka sudah telah menjadi berkat bertanggung jawab terhadap sesama manusia dan Tuhan Allah.

Bagaimana Om (Nami) dengan kami anak-anak mereka?
 saya tidak tahu Om (Nami) ini akan melanjutkan atau sampai sebatas Orang-orang tua kami saja yang sudah telah bertanggung jawab terhadap manusia dan Tuhan untuk menjadi berkat sesama manusia.

Ataukah? Om(Nami) dari anak-anaknya juga akan bertanggung jawab terhadap manusia dan Tuhan untuk menjadi berkat sesama manusia.

Saya tidak tahu Pertanyaan-Pertanyaan ini akan di jawab oleh waktu dan dinamika perkembangan yang kian waktu dinamis dan misteri ini Om (Nami)  masih menghargai dan menghormati setinggi-tinggi diatas segala-galanya.

Obock I Silak

Holandia Sabtu, 01 Mei 2020

Tidak ada komentar:

Teknik Pembuatan Api Tradisional

Pada 1960-an-1980-an masyarakat perkampungan lembah Yahulikma, Ubahakikma dan Sosomikma tidak memiliki akses korek api, dan masih menggunaka...