Minggu, 04 Agustus 2019

MEMBACA DAN MENULIS BUKAN BUDAYA ORANG YALI MELAINKAN MENDENGAR

MEMBACA DAN MENULIS BUKAN BUDAYA ORANG YALI MELAINKAN MENDENGAR
Pendahuluan
Membaca adalah salah satu keterampilan berbahasa. Dan juga kegiatan memahami teks bacaan dengan tujuan untuk memperoleh informasi dari teks atau buku yang kita umumnya baca.
Membaca  juga berfungsi untuk mengetahui lebih banyak tentang bacaan. Misalnya, tentang penulisannya atau permasalahan yang dibacarakan mulai dari awal masalah sampai pemecahan masalah atau akhir berita.
Orang yali secara lisan mereka mampu membaca dan memahami secara konteks mereka orang-orang yali dan mempunyai keterampilan menyampaikan informasi secara lisan dari dalam ingatan mereka yang begitu luar biasanya tidak pernah hilang dari ingatan mereka tanpa melihat dan menyampaikan memakai catatan sedikipun.
Menulis adalah suatu kegiatan menyampaikan suatu ide atau gagasan baik itu tulisan huruf, angka, menngunakan tangan dengan pensil, pulpen, spidol melaui media berupa batu, kertas, buku, ataupun yang paling populer saat ini melaui  media sosial.
Orang yali tidak pernah sama sekali mengenal yang namanya menulis, apalagi menulis dalam bentuk tulisan di pohon, batu, rumah, atau bahkan segala sesuatu yang ada di sekitar mereka orang yali untuk di jadikan sebagai bahan tulisan mereka orang yali itu belum ada sama sekali hanya mereka orang yali menyimpan cerita mereka orang yali secara lisan dari turun temurun luar biasanya otak mereka orang yali bisa menyimpan cerita dari generasi ke generasi andai saja otak Albert einstein perancang teori M=c2 dan Thomas Alva edison penemu bola lampu.

Budaya adalah suatu cara hidup yang terdapat pada sekelompok manusia, yang berkembang dan diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi berikutnya

Dan budaya adalah juga suatu pola hidup yang tumbuh dan berkembang pada sekelompok manusia yang mengatur agar setiap individu mengerti apa yang harus dilakukan, dan untuk mengatur tingkah laku manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya.
Orang yali memiliki 7 unsur kebudayaan dan sanagat kaya dengan pengetahuan mereka orang yali, ideologi mereka orang yali, sistem artefak dan kerajinana tangan lainnya, sistem pencaharian mereka orang yali berburu ke hutan, sistem religi mereka orang yali (usa) suci rahasia dan lain sebaginya.
Mendengar adalah mendengar akan sesuatu dengan sungguh-sungguh, memasang telinga baik-baik untuk mendengar atau dapat menanggap suatu bunyi. Misalnya  sedang mendengar warta berita memperhatikan, mengindahkan; menurut nasihat, bujukan, orang tua (Bapak) dan sebagainya.
Orang yali sama seperti manusia di seluruh papua rumpun Melanesia secara khusus pegunungan tengah papua, jadi orang yali mendengar segala sesuatu sungguh-sungguh, memasang telingah baik-baik untuk mendengar atau menanggap suatu bunyi,
Misalnya mereka orang yali sangat menghormat dan menuruti nasihat-nasihat atau ancuran-ancuran orang yang lebih tua mereka yang tidak menurutinya akan mengalami akibatnya sendiri, dari sejak turun temurun dan di wariskannya dari generasi ke generasi

Obock I Silak
Jayapura 04/08/2019: Minggu Pukul 4:24 PM

Tidak ada komentar:

Teknik Pembuatan Api Tradisional

Pada 1960-an-1980-an masyarakat perkampungan lembah Yahulikma, Ubahakikma dan Sosomikma tidak memiliki akses korek api, dan masih menggunaka...